The Effect on Land Use and Slope of the Organic Carbon and Some Physical Soil Inceptisols in Jatinangor, West Java

Pengaruh Penggunaan Lahan dan Posisi Lereng Kandungan C-Organik dan Beberapa Sifat Fisik Tanah Inceptisols Jatinangor, Jawa Barat

Authors

  • Erna Dewi Padjadjaran University
  • Rachmat Haryanto Padjadjaran University
  • Rija Sudirja Padjadjaran University

DOI:

https://doi.org/10.33019/agrosainstek.v4i1.37

Keywords:

Physical soil , Inceptisols, Land use, Slope, Physical soil, Inceptisols, Land use, Slope

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan lahan dan posisi lereng terhadap kandungan c-organik dan beberapa sifat fisik tanah pada daerah Jatinangor, Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2018 sampai Oktober 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Faktor pertama adalah penggunaan lahan (hutan dan tegalan) dan faktor kedua adalah posisi lereng (atas, tengah dan bawah). Metode pengambilan sampel menggunakan metode survai, komparatif dan deskriptif melalui pendekatan fisiografik (fisiography approach) secara bebas, yaitu metode survai berdasarkan penampakan fisiografis lahan dan pengambilan contoh tanah dilakukan secara transek pada lereng yang sama tanpa memperhitungkan jarak antar titik pengamatan. Pengamatan yang dilakukan adalah C-organik, Tekstur, Bobot isi dan Permeabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan lahan (hutan dan tegalan) dan posisi lereng (atas tengah dan bawah) berpengaruh terhadap kandungan c-organik dan sifat fisik tanah seperti Tekstur (pasir, debu dan liat), bobot isi dan permeabilitas pada tanah Inceptisol Jatinangor. Penggunaan lahan tegalan dengan posisi lereng bawah mempunyai pengaruh paling baik terhadap kandungan c-organik, tekstur, bobot isi dan permeabilitas tanah dibandingkan dengan penggunaan lahan dan posisi lereng lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erna Dewi, Padjadjaran University

Department of Soil Science, Faculty of Agriculture

Rachmat Haryanto, Padjadjaran University

Department of Soil Science, Faculty of Agriculture

Rija Sudirja, Padjadjaran University

Department of Soil Science, Faculty of Agriculture

References

Agus F, Ginting AN, Van Noordwidjk MV. 2002. Pilihan Teknologi Agroforestri/Konservasi Tanah untuk Areal Pertanian Berbasis Kopi di Sumberjaya, Lampung Barat. International Centre for Research in Agroforestry, Bogor.
Hanafiah AL. 2005. Dasar-dasar Ilmu Tanah. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 305 hal.
Hardjowigeno S. 2003. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo. Jakarta. 286 hal.
Las I, Setyorini D. 2010. Kodisi Lahan, Teknologi, Arah dan Pengembangan Pupuk Majemuk NPK dan Pupuk Organik. Semnas Peranakan Pupuk NPK dan Organik dalam Meningkatkan Produkasi dan Swasembada beras Berkelanjutan. Balai Besar Litbang Lahan Pertanian, Bogor 24 Februari 2010.
Sanchez PA. 1976. Properties and Management of Soils in The Tropics. A Wiley ans Sons, New York-London-Sydney-Toronto.
Soepandi G. 1983. Sifat dan Ciri Tanah. Departemen Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian. IPB Bogor.
Subagyo H, Suharta N, Siswanto AB. 2000. Tanah-tanah Pertanian di Indonesia, Sumberdaya Lahan Indonesia dan Pengelolaannya. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Bogor.
Sudirja R, Amir M, Santi R. 2007. Respons Beberapa Sifat Kimia Fluventic eutrudepts Melalui Pendayagunaan Limbah Kakao dan Berbagai Jenis Pupuk Organik. Universitas Padjadjaran, Bandung.
Tolaka W, Wardah, Rahmawati. 2013. Sifat Fisik tanah pada HutanPrimer, Agroforestri dan Kebun Kakao di Subdas Wera Saluopa Desa Leboni Kecamatan Pamona Puslema Kabupaten Poso. J. Warta Rimba 1 (1): 1-8
Yulnafatmawita, Asmar, Rahman A. 2007. Kajian Sifat Fisika Tanah DAS Sumpur Bagian Hulu Kabupaten Tanah Datar. Laboratorium Ilmu Tanah Universitas Andalas. Padang, Sumatera Barat. Jurnal Solum 4 (1): 18-28
Wischmeier WH. 1976. Use and Misuse of Universal Soil Loss Equation. Soil and Water Conservation, Washington DC.
Zachar D. 1982. Soil Erosion. Developments in Soil Sciense 10, Bratisla.

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Dewi, E., Haryanto, R. and Sudirja, R. (2020) “The Effect on Land Use and Slope of the Organic Carbon and Some Physical Soil Inceptisols in Jatinangor, West Java: Pengaruh Penggunaan Lahan dan Posisi Lereng Kandungan C-Organik dan Beberapa Sifat Fisik Tanah Inceptisols Jatinangor, Jawa Barat”, AGROSAINSTEK: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian, 4(1), pp. 49–53. doi: 10.33019/agrosainstek.v4i1.37.